Multimedia
Beberapa definisi multimedia :
1. Suatu perangkat lunak yang memakai lebih dari satu metode dalam berkomunikasi dengan penggunanya, seperti : teks, gambar, suara, animasi, ataupun video.
2. Kombinasi teks, gambar, suara, animasi, dan video pada komputer.
Munculnya multimedia dipicu oleh keinginan manusia untuk membuat komputer dan aplikasi-aplikasinya menjadi lebih menarik sehingga membuat pengguna merasa betah dan lebih mudah mencerna informasi dari komputer. Dengan adanya fasilitas multimedia, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan komputer.
2.2.2 Elemen-elemen Multimedia
Berikut penjelasan masing-masing elemen multimedia :
1. Teks
Teks merupakan elemen dasar multimedia dalam menyampaikan suatu informasi. Teks merupakan jenis elemen yang paling sederhana dan memerlukan tempat penyimpanan paling kecil.
2. Gambar
Penggunaan gambar adalah cara yang paling mudah untuk mengilustrasikan suatu informasi. Untuk menjelaskan seekor kuda kepada pengguna misalnya, akan lebih mudah menggunakan gambar daripada melukiskannya dengan kata-kata mengenai hewan tersebut.
3. Suara
Dengan adanya suara, kita dapat memberikan contoh konkret pelafalan. Ini lebih baik daripada memberikan contoh pelafalan dengan kata-kata yang hampir serupa ataupun serupa dengan suara yang dimaksud. Misalnya pelafalan vokal ‘a’, lebih baik diberikan langsung contoh suara yang nyata walaupun penjelasan dengan teks seperti pelafalan ‘a’ pada ‘ayam’ juga sangat membantu.
4. Animasi
Animasi adalah gambar statis yang dimanipulasi sehingga menghasilkan efek pergerakan. Animasi dipakai untuk menyampaikan informasi yang dirasakan cukup rumit yang tidak dapat dijelaskan dengan teks maupun gambar secara tuntas. Misalnya penulisan karakter Mandarin yang berarti orang, cukup sulit untuk mengungkapkannya dengan teks dan gambar bahwa goresan pertama sebelah kiri harus ditulis dari arah kanan atas ke kiri bawah, dan goresan kedua sebelah kanan harus ditulis dari arah kiri atas ke kanan bawah. Tetapi dengan animasi kita dapat langsung memberikan contoh penulisan sesungguhnya seperti di atas kertas.
5. Video
Video merupakan animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file.
2.2.3 Kegunaan Multimedia
Multimedia menyediakan banyak cara agar orang awam bisa mendapatkan informasi pemakaian komputer yang baik. Pemakaian multimedia bisa dilakukan dalam bisnis, pusat pendidikan, tempat umum, bahkan di rumah. Berikut penjelasan dari masing-masing tempat pemakaian multimedia :
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis digunakan dalam presentasi, pelatihan, pemasaran, demonstrasi produk, katalog, maupun komunikasi jaringan. Dalam presentasi misalnya, multimedia bisa membuat pendengar menjadi lebih bersemangat. Banyak presentasi yang menggabungkan pemakaian suara dan video. Hal ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan presentasi yang hanya memakai slide dan overhead projector yang cukup membosankan.
2. Pusat pendidikan
Banyak sekolah dan universitas yang telah memanfaatkan teknologi multimedia di lingkungannya secara maksimal. Misalnya fasilitas internet untuk mencari bahan-bahan pendukung pelajaran, merekam suara dosen sewaktu mengajar sehingga bisa mengulang pelajaran di rumah, pengiriman hasil tugas melalui e-mail langsung ke mailbox guru yang bersangkutan.
3. Tempat umum
Pemakaian yang ditempatkan di hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum, toko-toko, maupun di tempat umum lainnya biasanya berupa suatu terminal atau kios yang memberikan informasi atau bantuan. Pada kios informasi suatu hotel misalnya, tersedia informasi mengenai restoran yang ada pada hotel itu, peta kota tersebut, tempat-tempat rekreasi, jadwal penerbangan, dan berbagai informasi lainnya.
4. Rumah
Saat ini, pemakaian multimedia di rumah dengan komputer hanya sebatas untuk menyelesaikan tugas sekolah dan bermain, tetapi di masa mendatang, multimedia akan menjangkau rumah melalui televisi yang tergabung dengan peralatan input.
1. Suatu perangkat lunak yang memakai lebih dari satu metode dalam berkomunikasi dengan penggunanya, seperti : teks, gambar, suara, animasi, ataupun video.
2. Kombinasi teks, gambar, suara, animasi, dan video pada komputer.
Munculnya multimedia dipicu oleh keinginan manusia untuk membuat komputer dan aplikasi-aplikasinya menjadi lebih menarik sehingga membuat pengguna merasa betah dan lebih mudah mencerna informasi dari komputer. Dengan adanya fasilitas multimedia, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan komputer.
2.2.2 Elemen-elemen Multimedia
Berikut penjelasan masing-masing elemen multimedia :
1. Teks
Teks merupakan elemen dasar multimedia dalam menyampaikan suatu informasi. Teks merupakan jenis elemen yang paling sederhana dan memerlukan tempat penyimpanan paling kecil.
2. Gambar
Penggunaan gambar adalah cara yang paling mudah untuk mengilustrasikan suatu informasi. Untuk menjelaskan seekor kuda kepada pengguna misalnya, akan lebih mudah menggunakan gambar daripada melukiskannya dengan kata-kata mengenai hewan tersebut.
3. Suara
Dengan adanya suara, kita dapat memberikan contoh konkret pelafalan. Ini lebih baik daripada memberikan contoh pelafalan dengan kata-kata yang hampir serupa ataupun serupa dengan suara yang dimaksud. Misalnya pelafalan vokal ‘a’, lebih baik diberikan langsung contoh suara yang nyata walaupun penjelasan dengan teks seperti pelafalan ‘a’ pada ‘ayam’ juga sangat membantu.
4. Animasi
Animasi adalah gambar statis yang dimanipulasi sehingga menghasilkan efek pergerakan. Animasi dipakai untuk menyampaikan informasi yang dirasakan cukup rumit yang tidak dapat dijelaskan dengan teks maupun gambar secara tuntas. Misalnya penulisan karakter Mandarin yang berarti orang, cukup sulit untuk mengungkapkannya dengan teks dan gambar bahwa goresan pertama sebelah kiri harus ditulis dari arah kanan atas ke kiri bawah, dan goresan kedua sebelah kanan harus ditulis dari arah kiri atas ke kanan bawah. Tetapi dengan animasi kita dapat langsung memberikan contoh penulisan sesungguhnya seperti di atas kertas.
5. Video
Video merupakan animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file.
2.2.3 Kegunaan Multimedia
Multimedia menyediakan banyak cara agar orang awam bisa mendapatkan informasi pemakaian komputer yang baik. Pemakaian multimedia bisa dilakukan dalam bisnis, pusat pendidikan, tempat umum, bahkan di rumah. Berikut penjelasan dari masing-masing tempat pemakaian multimedia :
1. Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis digunakan dalam presentasi, pelatihan, pemasaran, demonstrasi produk, katalog, maupun komunikasi jaringan. Dalam presentasi misalnya, multimedia bisa membuat pendengar menjadi lebih bersemangat. Banyak presentasi yang menggabungkan pemakaian suara dan video. Hal ini tentu lebih baik jika dibandingkan dengan presentasi yang hanya memakai slide dan overhead projector yang cukup membosankan.
2. Pusat pendidikan
Banyak sekolah dan universitas yang telah memanfaatkan teknologi multimedia di lingkungannya secara maksimal. Misalnya fasilitas internet untuk mencari bahan-bahan pendukung pelajaran, merekam suara dosen sewaktu mengajar sehingga bisa mengulang pelajaran di rumah, pengiriman hasil tugas melalui e-mail langsung ke mailbox guru yang bersangkutan.
3. Tempat umum
Pemakaian yang ditempatkan di hotel, stasiun, pusat perbelanjaan, museum, toko-toko, maupun di tempat umum lainnya biasanya berupa suatu terminal atau kios yang memberikan informasi atau bantuan. Pada kios informasi suatu hotel misalnya, tersedia informasi mengenai restoran yang ada pada hotel itu, peta kota tersebut, tempat-tempat rekreasi, jadwal penerbangan, dan berbagai informasi lainnya.
4. Rumah
Saat ini, pemakaian multimedia di rumah dengan komputer hanya sebatas untuk menyelesaikan tugas sekolah dan bermain, tetapi di masa mendatang, multimedia akan menjangkau rumah melalui televisi yang tergabung dengan peralatan input.