PERANGKAT NILAI SUBSTANSI PENDIDIKAN KARAKTER
A. Nilai-nilai Dasar yang termuat dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidiksan Dasar dan Pendidikan Menengah.
01. Dalam Permendiknas N0.23/2006 tentang Standar kompetensi lulusansecara formal sudah digariskan untuk masing-masing jenis atau satuan pendidikan sejumlah rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).Jika diremati secara mendalam, sesungguhnya hampir pada setiap rumusan SKL tersebut implisit atau eksplisit termuat substansi nilai/karakter. Berikut ini dicoba untuk menangkap substansi nilai/karakter yang ada pada setiap SKL tersebut.
02. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SD/MI/SDLB*/Paket A
No. | Rumusan SKL | Nilai/Karakter |
1 | Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak | Iman dan taqwa |
2 | Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri | jujur |
3 | Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya | disiplin |
4 | Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya | Terbuka, nasionalistik |
5 | Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif | Bernalar, kreatif |
6 | Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik | Bernalar, kreatif |
7 | Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya | Terbuka, bernalar |
8 | Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari | bernalar |
9 | Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar | Terbuka, bernalar |
10 | Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan | Peduli, tanggung jawab |
11 | Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air | nasionalistik |
12 | Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal | Kreatif, tanggung jawab |
13 | Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang | Bersih, tanggung jawab |
14 | Berkomunikasi secara jelas dan santun | Santun |
15 | Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya | Gotong royong, peduli |
16 | Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis | gigih |
17 | Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung | bernalar |
03. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMP/MTs/SMPLB/Paket B
No. | Rumusan SKL | Nilai/Karakter |
1 | Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja | Iman dan taqwa |
2 | Menunjukkan sikap percaya diri | adil |
3 | Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas | disiplin |
4 | Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional | nasionalistik |
5 | Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif | Bernalar, kreatif |
6 | Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif | bernalar, kreatif |
7 | Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya | Gigih, tanggung jawab |
8 | Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari | bernalar |
9 | Mendeskripsi gejala alam dan sosial | Terbuka, bernalar |
10 | Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab | Tanggung jawab |
11 | Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik | Nasionalistik, gotong royong |
12 | Menghargai karya seni dan budaya nasional | Peduli, nasionalistik |
13 | Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya | Tanggung jawab, kreatif |
14 | Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang | Bersih dan sehat |
15 | Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun | Santun, bernalar |
16 | Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat | Terbuka, Tanggung jawab |
17 | Menghargai adanya perbedaan pendapat | Terbuka, adil |
18 | Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana | Gigih, kreatif |
19 | Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana | Gigih, kreatif |
20 | Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah | Bervisi, bernalar |
04. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMA/MA/SMALB*/Paket C
No. | Rumusan SKL | Nilai/Karakter |
1 | Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja | Iman dan taqwa |
2 | Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya | adil |
3 | Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya | Tanggung jawab |
4 | Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial | disiplin |
5 | Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global | nasionalistik |
6 | Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif | bernalar |
7 | Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan | bernalar |
8 | Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri | bervisi |
9 | Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik | gigih |
10 | Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks | bernalar |
11 | Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial | bernalar |
12 | Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab | Tanggung jawab |
13 | Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik | nasionalistik |
14 | Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya | peduli |
15 | Mengapresiasi karya seni dan budaya | kreatif |
16 | Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok | Kreatif |
17 | Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan | bersih |
18 | Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun | Santun |
19 | Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat | Tanggung jawab |
20 | Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain | Terbuka, peduli |
05. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMK/MAK
No. | Rumusan SKL | Nilai/Karakter |
1 | Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja | Iman dan taqwa |
2 | Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya | Gigih, adil |
3 | Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya | Tanggung jawab |
4 | Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial | disiplin |
5 | Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global | nasionalistik |
6 | Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif | kreatif |
7 | Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan | Bernalar, kreatif |
8 | Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri | Peduli ,tanggung jawab |
9 | Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik | Gigih, adil |
10 | Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks | bernalar |
11 | Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial | bernalar |
12 | Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab | Peduli, tanggung jawab |
13 | Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik | nasionalistik |
14 | Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya | Peduli, kreatif |
15 | Mengapresiasi karya seni dan budaya | kreatif |
16 | Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok | kreatif |
17 | Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan | Bersih, peduli |
18 | Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun | Santun |
19 | Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat | Terbuka, adil |
20 | Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain | Terbuka, adil |
21 | Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis | Gigih,terbuka |
22 | Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris | Gigih, bernalar |
23 | Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya | Bervisi, gigih, tanggung jawab |
06. Konfigurasi Nilai/karakter untuk semua Satuan Pendidikan
Secara psikologis dan sosial kultural pembentukan karakter dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, konatif, dan psikomotorik) dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat. Konfigurasi karakter dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosial-kultural tersebut dapat dikelompokan dalam: Olah Hati (Spiritual and emotional development) , Olah Pikir (intellectual development),Olah Raga dan Kinestetik (Physical and kinestetic development), dan Olah Rasa dan Karsa ( Affective and Creativity development) yang secara diagramatik dapat digambarkan sebagai berikut.
