PERANGKAT NILAI SUBSTANSI  PENDIDIKAN KARAKTER
A.     Nilai-nilai Dasar yang termuat dalam Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidiksan Dasar dan Pendidikan Menengah.
01.   Dalam Permendiknas N0.23/2006 tentang Standar kompetensi lulusansecara formal sudah digariskan untuk masing-masing jenis atau satuan pendidikan sejumlah rumusan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).Jika diremati secara mendalam, sesungguhnya hampir pada setiap rumusan SKL tersebut implisit atau eksplisit termuat substansi nilai/karakter. Berikut ini dicoba untuk menangkap substansi nilai/karakter yang ada pada setiap SKL tersebut.
02.   Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SD/MI/SDLB*/Paket A
No.
Rumusan SKL
Nilai/Karakter
1
Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak
Iman dan taqwa
2
Mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
jujur
3
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya
disiplin
4
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya
Terbuka, nasionalistik
5
Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif
Bernalar, kreatif
6
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik
Bernalar, kreatif
7
Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan menyadari potensinya
Terbuka, bernalar
8
Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
bernalar
9
Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar
Terbuka, bernalar
10
Menunjukkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan
Peduli, tanggung jawab
11
Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia
nasionalistik
12
Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal
Kreatif, tanggung jawab
13
Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
Bersih, tanggung jawab
14
Berkomunikasi secara jelas dan santun
Santun
15
Bekerja sama dalam kelompok, tolong-menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya
Gotong royong, peduli
16
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
gigih
17
Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, dan berhitung
bernalar

03. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMP/MTs/SMPLB/Paket B
No.
Rumusan SKL
Nilai/Karakter
1
Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja
Iman dan taqwa
2
Menunjukkan sikap percaya diri
adil
3
Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas
disiplin
4
Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional
nasionalistik
5
Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif
Bernalar, kreatif
6
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif
bernalar, kreatif
7
Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya
Gigih, tanggung jawab
8
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari
bernalar
9
Mendeskripsi gejala alam dan sosial
Terbuka, bernalar
10
Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab
Tanggung jawab
11
Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia
Nasionalistik, gotong royong
12
Menghargai karya seni dan budaya nasional
Peduli, nasionalistik
13
Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya
Tanggung jawab, kreatif
14
Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang
Bersih dan sehat
15
Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun
Santun, bernalar
16
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
Terbuka, Tanggung jawab
17
Menghargai adanya perbedaan pendapat
Terbuka, adil
18
Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana
Gigih, kreatif
19
Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana
Gigih, kreatif
20
Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah
Bervisi, bernalar

04. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMA/MA/SMALB*/Paket C
No.
Rumusan SKL
Nilai/Karakter
1
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
Iman dan taqwa
2
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
adil
3
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
Tanggung jawab
4
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
disiplin
5
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
nasionalistik
6
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
bernalar
7
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
bernalar
8
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
bervisi
9
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
gigih
10
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
bernalar
11
Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
bernalar
12
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
Tanggung jawab
13
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
nasionalistik
14
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
peduli
15
Mengapresiasi karya seni dan budaya
kreatif
16
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
Kreatif
17
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
bersih
18
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
Santun
19
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
Tanggung jawab
20
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
Terbuka, peduli


05. Substansi Nilai/Karakter yang ada pada SKL SMK/MAK

No.
Rumusan SKL
Nilai/Karakter
1
Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
Iman dan taqwa
2
Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
Gigih, adil
3
Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
Tanggung jawab
4
Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
disiplin
5
Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
nasionalistik
6
Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
kreatif
7
Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
Bernalar, kreatif
8
Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
Peduli ,tanggung jawab
9
Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
Gigih, adil
10
Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
bernalar
11
Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
bernalar
12
Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
Peduli, tanggung jawab
13
Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
nasionalistik
14
Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
Peduli, kreatif
15
Mengapresiasi karya seni dan budaya
kreatif
16
Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
kreatif
17
Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
Bersih, peduli
18
Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
Santun
19
Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
Terbuka, adil
20
Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
Terbuka, adil
21
Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
Gigih,terbuka
22
Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
Gigih, bernalar
23
Menguasai kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan kejuruannya
Bervisi, gigih, tanggung jawab

06.   Konfigurasi Nilai/karakter untuk semua Satuan  Pendidikan
Secara psikologis dan sosial kultural pembentukan karakter dalam diri individu merupakan fungsi dari seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, konatif, dan psikomotorik) dalam konteks interaksi sosial kultural (dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat) dan berlangsung sepanjang hayat. Konfigurasi karakter dalam konteks totalitas proses psikologis dan sosial-kultural tersebut dapat dikelompokan dalam: Olah Hati (Spiritual and emotional development) , Olah Pikir (intellectual development),Olah Raga dan Kinestetik  (Physical and kinestetic development), dan Olah Rasa dan Karsa ( Affective and Creativity development) yang secara diagramatik dapat digambarkan sebagai berikut.

Related Posts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel