PPD (Paranoid Personality Disorder)


pengantar
PPD (Paranoid Personality Disorder) adalah Manual DSM-5 (Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental, edisi kelima), diagnosis diberikan kepada individu-individu yang memiliki ketidakpercayaan yang meresap, gigih, dan bertahan lama terhadap orang lain, dan pandangan yang sangat sinis terhadap orang lain dan dunia (American Psychiatric Association, 2013). Paranoid Personality Disorder disebut sebagai Cluster A personality disorder, yang melibatkan pola perilaku "aneh atau eksentrik" (Esterberg, Goulding, & Walker, 2010). Orang dengan PPD sangat rentan terhadap serangan fisik, verbal atau sosial, dan tidak mempercayai orang lain, dan karena itu cenderung memiliki sedikit hubungan intim atau dekat. Mereka cenderung menyendiri, dingin, jauh, argumentatif, dan sering mengeluh. Mereka mungkin tampak dijaga dan tertutup, sangat rasional, logis, dan tidak emosional, tapi terkadang akan sarkastik, bermusuhan, dan kaku. Umumnya mereka memiliki waktu yang sulit bergaul dengan orang lain Orang dengan Paranoid Personality Disorder cenderung melakukan aktivitas kelompok dan proyek kolaboratif dengan buruk. Mereka akan sangat kritis terhadap orang lain, namun akan menanggapi kritik terhadap diri mereka sendiri dengan permusuhan atau sikap membela diri. Paranoid Personality Disorder adalah kelainan non-psikotik, karena ini adalah diagnosis diskrit yang melibatkan karakteristik kepribadian disfungsional dan maladaptif seseorang, melainkan gangguan pemikiran atau mood. Orang dengan Paranoid Personality Disorder dapat mengalami reaksi psikotik singkat di bawah tekanan, namun menurut definisinya, episode psikotik singkat bersifat diskrit dan tidak bertahan lama. Paranoid Personality Disorder tidak dapat diterima dengan obat antipsikotik karena tidak biasanya defisit kotor dalam pengujian kenyataan, dan pikiran dan keyakinan paranoid biasanya-tidak aneh. PPD juga tidak dianggap sebagai akibat trauma, karena persepsi tidak aman di dunia yang khas orang dengan PTSD (Post -traumatic Stress Disorder) berbeda kualitas dan etiologi.

Gejala Gangguan Kepribadian Paranoid
Menurut DSM-5, ada dua kriteria diagnostik utama untuk Paranoid Personality Disorder yang kriteria A memiliki tujuh sub fitur, empat di antaranya harus hadir untuk menjamin diagnosis PPD:
Kriteria A adalah: Ketidakpercayaan dan kecurigaan orang lain terhadap motif yang dimulai di masa dewasa. Ketujuh sub fitur kriteria A adalah:
1.       Orang dengan PPD akan percaya bahwa orang lain menggunakan, berbohong, atau menyakiti mereka, tanpa bukti nyata daripadanya.
2.       Mereka akan meragukan kesetiaan dan kepercayaan orang lain,
3.       Mereka tidak akan curhat pada orang lain karena keyakinan bahwa kepercayaan diri mereka akan dikhianati.
4.       Mereka akan menafsirkan ucapan ambigu atau jinak seperti menyakitkan atau mengancam,
5.       Tahan dendam,
6.       Dengan tidak adanya bukti objektif, percaya reputasi atau karakter mereka diserang oleh orang lain, dan akan membalas dengan beberapa cara dan
7.       Akan cemburu dan mencurigakan tanpa alasan bahwa pasangan intim tidak setia.


Kualifikasi adalah jika kriteria diagnostik untuk PPD terpenuhi sebelum terjadinya skizofrenia, perlu dicatat Paranoid Personality Disorder adalah premorbid (American Psychiatric Association, 2013).

Serangan
DSM-5 mencatat bahwa ciri Paranoid Personality Disorder mungkin tampak jelas pada masa kanak-kanak dan remaja. Anak-anak dapat bertingkah aneh, sehingga menggoda (American Psychiatric Association, 2013). Ini adalah catatan yang menarik, karena ini menimbulkan pertanyaan tentang kausalitas premorbid. Seorang anak yang menunjukkan perilaku abnormal dan ditolak oleh teman sebaya, dapat belajar untuk tidak percaya, dan mungkin curiga terhadap motif orang lain. Ini bisa menjadi faktor pendukung dalam pengembangan kepribadian paranoid.

Prevalensi
Menurut DSM-5, prevalensi Paranoid Personality Disorder adalah 2,3% sampai 4,4% dari populasi AS, dan lebih sering didiagnosis pada laki-laki. (American Psychiatric Association, 2013).

Faktor risiko
DSM-5 menunjukkan bahwa riwayat keluarga skizofrenia, atau jenis gangguan delusi adalah tipe faktor risiko untuk Paranoid Personality Disorder (American Psychiatric Association, 2013).

Komorbiditas
DSM -5 mengidentifikasi kondisi berikut sebagai komorbiditas: Gangguan kepribadian lainnya, khususnya, schizotypal, schizoid, narsisistik, penghindaran, dan gangguan kepribadian borderline. Kelainan penyalahgunaan zat, gangguan depresi mayor, OCD dan agoraphobia juga dicatat sebagai kondisi yang dapat berkembang bersamaan dengan PPD (American Psychiatric Association, 2013).
DSM-5 tidak menentukan pilihan pengobatan (American Psychiatric Association, 2013). CBT (Cognitive Behavioral Therapy) adalah cara efektif untuk mengobati gangguan kepribadian, termasuk Paranoid Personality Disorder. PPD dipertahankan melalui sistem kepercayaan maladaptif yang sangat tertanam, penguatan kepercayaan paranoid karena bias informasi, dan kurangnya keterampilan untuk memberikan adaptasi. Semua fitur ini dapat menerima intervensi melalui CBT (Matusiewicz, Hopwood, Banducci, & Lejuez, 2010) Orang dengan Paranoid Personality Disorder biasanya akan melihat orang lain sebagai masalahnya, dan bukan sistem kepercayaan mereka sendiri yang diproyeksikan pada orang lain. Hal ini membuat memasuki perawatan menjadi sulit. Mengembangkan kepercayaan terapeutik dan hubungan baik juga akan menantang.

Menurut DSM-5, orang dengan Paranoid Personality Disorder akan mengalami masalah dalam operasi dengan orang lain di tempat kerja, pengaturan pendidikan atau sosial (American Psychiatric Association, 2013). Perlu dicatat bahwa orang dengan PPD lebih sering menganggur atau bekerja lebih kasar daripada populasi umum (Mueser, Mischel, Adams, Harvey, McClure, Look, Leung, & Siever, 2013). Mereka cenderung sendirian, mandiri, dan rahasia, dan akan mengalami kesulitan membuat atau mempertahankan hubungan intim atau persahabatan yang erat. (American Psychiatric Association, 2013). Orang dengan PPD mungkin mengalami konflik, karena mereka menginginkan hubungan intim dan pertemanan, namun tidak memiliki tingkat kepercayaan yang merupakan elemen penting dari hubungan semacam itu.

Perbedaan diagnosa
Ada beberapa aturan diagnostik untuk dipikirkan dokter. DSM-5 juga mencatat bahwa imigran baru-baru ini yang belum berakulturasi dan tidak terbiasa dengan bahasa dan kebiasaan setempat mungkin tidak mempercayai individu di tanah baru mereka. Hal ini terutama terjadi jika mereka berasal dari sebuah negara di mana mereka mengalami peperangan, perselisihan sipil, atau gangguan sosial. Aturan lainnya termasuk perubahan kepribadian karena kondisi medis, misalnya, Demensia Alzheimer, penggunaan zat, misalnya penarikan etanol atau penggunaan stimulan SSP (stimulasi SSP) jangka panjang seperti kokain, atau defisit sensorik seperti gangguan pendengaran, di mana Seorang individu mungkin mencurigai orang lain yang membicarakannya (American Psychiatric Association, 2013). Pandangan dunia individu yang terbentuk dari pengalaman masa lalu mereka harus dipertimbangkan (Carroll, 2009). Banyak unsur Paranoid Personality Disorder yang nampak tumpang tindih dengan PTSD, Individu dengan PTSD dapat dijaga, sangat curiga, untuk ancaman, dan curiga. Hal ini disebabkan oleh peristiwa traumatis yang mengubah pandangan mereka tentang dunia sebagai tempat yang aman, dan mereka menjadi sangat terhindar dari ancaman, dapat menarik diri dari dunia dan mengisolasi diri mereka untuk membuat dunia lebih mudah dikelola, dan dapat mengambil banyak tindakan pengamanan pribadi. . Etiologi PTSD jauh lebih jelas, onsetnya akan mengikuti peristiwa traumatis, dan biasanya akan merupakan perubahan post-morbid dalam pandangan dunia yang tidak ada sebelum trauma, Ada juga individu dalam profesi berisiko tinggi, yang sangat berhasrat , rahasia, hyperaware, dan curiga sebagai hasil pelatihan dan pengalaman profesional mereka - misalnya petugas polisi, petugas koreksi, jaksa penuntut, dan penyedia layanan kesehatan forensik, ini dapat dipandang sebagai respons kelangsungan hidup adaptif terhadap peningkatan kesadaran dan pengenalan ancaman, atau respons normal terhadap keadaan buruk (Carroll, 2009). Dokter yang tidak sadar akan budaya individu dalam profesi berisiko tinggi, atau yang tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan pribadi tentang dinamika kekerasan dapat salah menafsirkan perilaku adaptif dan adaptif seperti patologis.




terjemahan paradoid dsm 5
Paranoid Personality Disorder
1. Gejala khas adalah kecurigaan, ketidakpercayaan terhadap orang lain, dendam, menolak untuk memaafkan penghinaan, dapat menampilkan perilaku kekerasan, kekakuan, hipersensitivitas, dan argumentativeness.
2. Orang tersebut terus "berjaga-jaga" untuk menyerang orang lain.
3. Faktor penyebab:
Sebuah. Sedikit yang diketahui.
b. Temuan yang tidak konsisten pada transmisi genetik.
c. Faktor psikososial dicurigai (kelalaian atau pelecehan orang tua, terpapar orang dewasa yang kejam).
d. Heritabilitas tingginya tingkat antagonisme dan neurotisme

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel