Hotel

Dalam buku - buku yang berhubungan dengan kepariwi-sataan khususnya tentang perhotelan banyak kita temui bermacam-macam definisi tentang hotel, namun dari kesekian banyak uraian tersebut, maksud yang terkandung di dalamnya tetap sama.
Hotel adalah bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial. Disediakan bagi setiap orang yang ingin memperoleh pelayanan, penginapan, disamping pelayanan makan, minum, hiburan dan lain sebagainya.
Tamu yang akan menginap sudah tentu memilih hotel yang memiliki karnar -kamar beserta sernua fasilitas dan perlengkapannya. Tamu menghendaki tidur dengan aman, seperti tidur di rumah sendiri, bahkan wajarlah bila seorang tamu menuntut lebih nyaman dari pada di rumahnya, karena merasa telah membayar untuk memenuhi keinginannya. Untuk itu hotel harus menyajikan kamar dengan baik, bersih dan aman agar tamu betah tinggal, bahkan memperpanjang malam penginapanya di hotel.


Kunci keberhasilan penyiapan kamar tertentu pada pengurusan keadaan kamar antara lain meliputi: Room Boy/ Room Maid, Floor, Supervisor, linen boy dan bagian yang terkait dalam lingkup organisasi hotel. Kerjasama yang baik harus selalu dibina dan penataan kamar tamu harus disesuaikan dengan kemajuan teknologi sehingga dengan hotel yang kita kelola tetap selalu tampak baik dan menarik.


B. Pengertian Housekeeping
Secara garis besar yang dimaksud dengan pengertian Housekeeping adalah:
Salah satu departemen yang ada di suatu hotel yang mengutamakan kelengkapan, kebersihan kamar, keselamatan, kelestarian lingkungan di areal hotel, baik operasional maupun administrasinya.
1. Tugas Housekeeping
Pagi Hari
- Menghubungi F.O untuk mendapatkan informasi
mengenai kamar VIP dan check Out Room sebelum
memulai tugasnya, kemudian mengirimkan laporan
tersebut ke setiap Supervisor.
- Mengerjakan pemeriksaan dan pencatatan barang yang
hilang dan rusak.
- Pembagian Cleaning Supplies ke setiap floor.

Sore Hari
- Bertanggung jawab terhadap jalannya pekerjaan pada
waktu sore hari terutama apabila Executive
Housekeeper tidak ada.
- Membuat Housekeeping Evening Shift Report.
- Mengisi Log Book untuk housekeeping Morning shift
terutama kalau ada pesan penting.
2. Hubungan Housekeeping dengan Defartemen lainnya
Dalam suatu hotel, semua departemen saling berhubungan dalam melaksanakan tugasnya serta pekerjaannya. Jika semua bagian saling berhubungan dengan baik, maka dalam menjalankan pekerjaannya-pun akan lancar dan baik.
Hubungan Housekeeping dengan departemen lainnya, adalah sebagai berikut:
a. Housekeeping dengan F. O.
H.K. melaporkan kepada F.O. mengenai:
- Room Station
- Mengenai kamar VIP
- Perpindahan kamar tamu
- Mencatat tamu yang Check Out
- Mencatat barang tamu yang tertinggal.
b. H. K. Dengan F.B. , meliputi :
- Room Service
- Banquite
- Linen

c. H.K. dengan Laundry/Linen
- House Laundry
- Guest Laundry
d. H.K. dengan Accounting
- Membuat Bill untuk tamu
- Inventories
e. H.K. dengan Man Power
- Menangani masalah tentang kepegawaian
- Informasi
f. H.K. dengan Engineering
- Repair dan Maintenance bertugas menangani bila
terjadi kerusakan barang yang ada di kamar
terutama barang-barang electronik.
g. H.K. dengan Marketing
- Informasi tentang/mengenai penjualan hotel
i. H.K. dengan Security
- Menjaga keamanan, baik para tamunya, barang-
barang tamu maupun hotel.
Section-section yang ada di Housekeeping
Di dalam melaksanakan kegiatannya, Housekeeping
departemen, mempunyai beberapa section antara lain
adalah:
- Houseman Section
Bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, kenyamanan, dan keindahan hotel baik itu di dalam maupun yang ada di wilayah hotel tersebut.

- Housekeeping Office
Section ini ditugaskan untuk membuat Housekeeping
Report. Laporan tersebut dikirim ke Front Office
Department dan yang satunya disimpan di
Housekeeping Office. Selain itu juga melaksanakan
administrasi dan komunikasi antar section.
- Florist Section
Section ini bertugas untuk menyediakan bunga-bunga
yang sudah dirangkai yang akan dipergunakan atau
di tempatkan di kamar-kamar tamu atau areal yang
sudah ditentukan.
- Linen dan Uniform Section
Linen adalah:
Salah satu perlengkapan hotel yang memakan biaya
terbanyak, oleh karena itu cara pemakaian dan
pemeliharaannya harus benar-benar diperhatikan.
Linen Room adalah:
Pusat penyimpanan seluruh keperluan perlengkapan linen termasuk pakaian seragam pegawai di Hotel. Linen meliputi :
- Linen yang digunakan di kamar-kamar. Misalnya:
Sheet, Pillow Case, dan lainnya.

- Linen Restaurant
Misalnya:
Nepkin, Taplak meja, Tray cloth, dan
lainnya.
Linen dalam operasinya sangat penting, karena harganya sangat mahal sekali. Oleh karena itu penggunaan dan pemeliharaannya harus hati-hati dan teliti.
Dalam restaurant, Stock linen harus dua kali lipat dengan jumlah kursi sehingga bila yang satu kotor selalu ada gantinya yang siap dipakai sewaktu-waktu.
- Uniform
Tempat penyimpanan seragam atau pakaian para karyawan hotel yang sudah rapih yang sudah dicatat oleh petugas linen, dan siap untuk digunakan bila karyawan hotel akan berganti Uniform.
C. Personalia
Tugas-tugas dari masing-masing Personalia adalah: a. Executive Housekeeper
Bertanggung jawab secara keseluruhan dalam operasi di lingkungan Housekeeping dan bertanggung jawab atas segala anggarannya.

b. Assist Executive Housekeeper
Bertanggung jawab atas operasional Housekeeping setiap harinya dan membantu tugas-tugas Executive Housekeeper.
c. Housekeeping Secretary
Bertanggung jawab atas tugas keadministrasian di Housekeeping termasuk membuat dan mencatat semua masukkan dari tamu.
d. Mini Bar
Bertanggung jawab tentang penyediaan supplies meals
dan drinks serta mencatat pengeluaran setiap
harinya. e. Houseman
Bertanggung jawab atas kesuksesan daripada houseman
operation setiap harinya.
f. Floor Caption
Bertugas roengontrol kebersihan dan kelengkapan kamar
dan juga sebagai pemimpin Room Boy/maid.
g. Room Boy/Room Maid
Pelaksana harian daripada Room Section dan
bertanggung jawab atas keberhasilan dan kelengkapan
kamar dan keperluan tamunya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel