Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan salah satu kegiatan penting yang perlu dilakukan perusahaan untuk meningkatkan usaha dan menjaga kelangsungan perusahaan  tersebut. Disamping kegiatan pemasaran perusahaan juga perlu mengkombinasikan fungsi-fungsi dan menggunakan keahlian mereka agar perusahaan berjalan dengan baik.
Dalam bisnis selalu ada kompetisi antar perusahaan. Perusahaan akan terus berusaha untuk memperluas pasar dan mempertahankan eksistensi serta kredibilitas perusahaan. Aktivitas perusahaan dalam pemasaran ini menentukan arah perusahaan agar mampu bersaing dalam dunia persaingan yang semakin ketat. Untuk itu perusahaan harus menerapkan pengertian pemasaran dengan benar aga tetap bertahan. Di bawah ini tedapat beberapa pengertian pemasaran.
Pengertian pemasaran menurut  American Marketing Association (AMA) yang dikutip Kotler dan Keller (2008) menawarkan definisi formal berikut: Pemasaran adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntukan organisasi dan pemangku kepentingannya.
Menurut Stanton dalam Umar (2005), Pemasaran meliputi keseluruhan sistem yang berhubungan dengan kegiatan usaha yang bertujuan merencanakan, menentukan harga, hingga mempromosikan, dan distribusi barang atau jasa yang akan dipasarkan. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan pemasaran meliputi perencanaan kegiatan, penentuan harga produk, promosi produk, dan juga distribusi produk barang atau jasa yang dipasarkan. Jangkauan pemasaran dapat menjadi sangat luas jika dijabarkan mulai dari produsen hingga tangan konsumen. Ruang lingkup pemasaran yang sangat luas dapat diringkas dalam 4P, yaitu produk (Product), harga (Price), distribusi (Place), dan promosi (Promotion).
Menurut Abdullah (2012), Pemasaran adalah kegiatan kreasi dan realisasi sebuah standar hidup. Kegiatan pemasaran meliputi menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen, kemudian merencanakan dan mengenbangkan sebuah produk untuk memenuhi kebutuhan tersebut, hingga akhirnya memutuskan cara terbaik untuk menentukan harga, promosi produk, dan mendistribusikan produk tersebut. Pemasaran (marketing) dapat juga diartikan sebagai sistem total untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan juga mendistribusikan barang untuk memuaskan keinginan konsumen. Perencanaan pemasaran meliputi penentuan sasaran dan cara yang ditempuh dalam memasarkan produk tersebut. Penentuan harga dilakukan untuk memperbesar laba namun tidak memberatkan bagi konsumen, dengan kata lain mencari laba sekecil mungkin namun memaksimalkan jumlah produk yang terjual. Promosi digunakan sebagai langkah pengenalan produk. Distribusi digunakan sebagai saluran pemasaran agar produk sampai pada tangan kosumen.
2.2.2 Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan yang dikoordinasikan dan dikelola dengan baik. Philip Kotler/Armstrong (2002:14), terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun: “Manajemen pemasaran iyalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta  pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, serta mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi”
Definisi manajemen pemasaran menurut Kotler yang dikutip  Basu dan Hani Handoko, (2000) sebagai berikut: “Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan dan pengawasan progam-progam yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksut untuk mencapai tujuan perusahaan”.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel