Keputusan Pembelian

Keputusan Pembelian
2.2.6.1 Pengertian Keputusan Pembelian
Kotler dan Armstrong (2008) dalam penelitian Margiyanto (2013), keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembelian dimana konsumen benar-benar membeli. Pengambilan keputusan merupakan suatu kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan. Menurut Kotler (2012), keputusan pembelian adalah tindakan yang dilakukan konsumen untukmelakukan pembelian sebuah produk. Oleh karena itu, pengambilan keputusan pembeliankonsumen merupakan suatu proses pemilihan salah satu dari beberapa alternatif penyelesaianmasalah dengan tindak lanjut yang nyata. Setelah itu konsumen dapat melakukan evaluasi pilihandan kemudian dapat menentukan sikap yang akan diambil selanjutnya. Kotler dan Keller (2010:179) mengemukakan yang dilakukan oleh konsumen pada saat membuat keputusan pembelian adalah: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku setelah membeli. Berdasarkan teori tersebut disimpulkan bahwa keputusan pembelian yang dilakukan adalah berdasarkan dengan apa yang telah konsumen pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.
2.2.6.2 Indikator Keputasan Pembelian
Dalam penelitian Habibi (2013), adapun indikator variabel keputusanpembelian sebagai berikut :
a. Kebutuhan tentang produk
Kebutuhan tentang produk adalah kebutuhan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang diharapkan dan sesuai dengan yang diinginkan.
b. Penentuan pembelian sesuai dengan kebutuhan
Penentuan pembelian sesuai dengan kebutuhan adalah sikap yang dilakukan konsumen dalam menentukan kebutuhan apa yang diinginkan dengan cara mencari informasi tentang produk yang diinginkan.
c. Penentuan keputusan Pembelian
Penentuan keputusan pembelian adalah sikap konsumen dalam menentukkan barang atau produk yang diinginkan dengan cara membeli barang tersebut.
d. Perasaan setelah membeli

Perasaan setelah membeli adalah perasaan konsumen terhadap produk atau barang yang dibelinya dengan rasa puas atau membelinya secara berulang-ulang. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel