Kapasitas Belajar

Apa Membangun Kapasitas Belajar?
Masing-masing menyangkut: Suatu gagasan, Suatu konsep, Suatu model, Suatu kerangka. Merupakan suatu penyelidikan untuk meningkatkan kemampuan pelajar untuk belajar dengan baik secara nyata.

Pada intinya BLP mempunyai 4 aspek bagi siswa yang ' baik' dalam belajar.
4 Kapasitas belajar adalah:
1. Resilience (Daya pegas)
2. Resourcefulness(Kecerdikan)
3. Reflectiveness(Refleksi)
4. Reciprocity(Timbal balik)

Daya pegas - Pelajar siap, rela dan mampu terus belajar.
Gaya pegas disusun oleh empat komponen :
Perhatian penuh - Untuk belajar yang baik, pelajar telah lebih dulu terlibat dengan obyek pelajaran dan memelihara perhatian tanpa bermaksud menguasai.
Mengelola gangguan - Ada sejumlah hal dapat menimbulkan gangguan, seperti rasa lapar, kecemasan, dan kelelahan. BLP bertujuan untuk membantu pelajar menjadi sadar akan sumber gangguan yang mungkin dan bagaimana mereka dapat menguranginya.
Perhatian - Pelajar yang baik adalah trampil dalam memperhatikan. Mereka mempunyai suatu kemampuan untuk memperhatikan hal yang penting secara detil.
Usaha keras - Ciri ini secara sederhana menuju ke suatu kemampuan pelajar untuk memahami bahwa sesuatu tidak datang dengan mudah dan bahwa sesuatu kesulitan pada umumnya berhadiah sukses pada akhirnya

Kecerdikan - Pelajar siap, rela dan mampu belajar dalam cara yang berbeda
Keingintahuan – Dalam hal ini pelajar yang baik mempunyai kemampuan untuk bertanya secara baik dan bekerja secara spesifik.
Membuat hubungan - Pemikiran di sini adalah pelajar yang baik bisa membuat hubungan antara yang telah mereka ketahui dengan pengalaman baru.
Imajinasi – Pelajar yang baik bisa melihat cara berfikir yang berbeda. Mereka menggunakan imajinasinya untuk mendukung pelajaran dengan membuat skenario dalam pikiran mereka dengan jalan menghubungkan gambaran itu kepada pelajaran mereka.
Penalaran - penelitian menyatakan bahwa pendidikan menengah belum seluruhnya
sukses dalam mengembangkan kemampuan siswa untuk berpikir secara logis di dalam kehidupan nyata.
Sumber daya – Secara sederhana, pelajar yang baik terbiasa dan nyaman dengan
penggunaan sejumlah sumber daya pada penyelesaian untuk menopang belajar mereka.




Kemampuan merenung - Pelajar siap, rela dan mampu menjadi lebih strategis dalam belajar.
Perencanaan - Pelajar yang baik mengatur proses belajar dengan serangkaian teknik, seperti membuat stok suatu masalah, mengukur sumber daya yang tersedia; membuat suatu perkiraan waktu belajar yang akan diambil, dan mengantisipasi permasalahan atau rintangan yang muncul.
Meninjau ulang - Pelajar memiliki harapan yang tak diduga. Oleh karena itu, pelajar yang baik memiliki kemungkinan untuk berubah arah.
Menyaring - Ini melibatkan berpikir tentang pengalaman sendiri maupun dalam diskusi dengan orang lain, dan melihat pelajaran secara penuh atau generalisasi, hal itu dapat bermanfaat untuk diterapkan dalam situasi baru.
Meta belajar - Ini adalah perluasan dari menyaring. Ini adalah suatu proses pelajar yang baik menuju pembicaraan secara konstruktif tentang proses belajar dan untuk membicarakan bagaimana pekerjaan belajar.

Timbal balik - Pelajar siap, rela dan mampu belajar sendiri atau dengan orang lain.
Pelajar yang baik mempunyai kemampuan untuk mendengarkan, mengambil giliran dan memahami sudut pandang orang lain.
Saling ketergantungan – Pelajar yang baik mengetahui bagaimana cara mengatur keseimbangan antara saling berinteraksi dan sendiri dalam belajar.
Kerja sama – Ini yang disarankan secara nyata - menjadi mampu bekerja berpasangan atau dalam kelompok dalam suatu skenario di mana tak seorangpun mengetahui semua jawaban.
Empati dan Mendengarkan- Ketrampilan mendengar yang baik dapat diajarkan, tetapi ini adalah bagian penting dari wajah pelajar yang baik.
Peniruan - Kita belajar dengan mempelajari dari yang lain. Jika kita melihat seseorang mengerjakan sesuatu yang baik kita mengenali ini.

Membangun Kapasitas Belajar dalam praktek.
Pengajaran untuk kapasitas belajar " Sekarang, kita menyelidiki kerangka bahwa BLP harus dimiliki oleh latar belakang pikiran para guru, ketika mereka menjelaskan pendekatan kepada para siswa, merencanakan aktivitas mereka, menafsirkan capaian siswa, dan mempertunjukkan empat R di dalam hidup mereka sendiri." (Guy Claxton)
Claxton bertanya : " Bagaimana aku membantu mengembangkan gaya pegas,kecerdikan, kemampuan refleksi dan kemampuan timbal balik dari para siswa ku dengan menjelaskan, mengomentari, mengorkestra dan modeling?"
Pada pokoknya suatu kerangka bagaimana tutor dapat secara baik berkomunikasi, mendiskusikan, mendorong, membujuk, menekankan, menyediakan, memimpin, mengatur dan akhirnya memberi pengajaran para siswa mereka bagaimana cara membangun kapasitas belajar mereka.
Proses ini disusun dari empat persyaratan:
1. Menjelaskan
2. Mengomentari
3. Mengorkestra
4. Pemodelan


Menjelaskan: Menyampaikan kepada para siswa secara langsung dan dengan tegas tentang kapasitas belajar.
Memberitahu – Para siswa harus mengetahui apa kuasa kapasitas belajar. Para siswa harus
mengetahui apa yang dimaksudkan oleh guru tentang nilai-nilai.
Ingatan - Guru harus selalu mengingatkan kepada siswa tentang apa BLP dan apa yang menjadi prioritas.
Mendiskusikan- Guru yang baik mendorong siswanya untuk mendiskusikan BLP, intisarinya dan mempertanyakannya.
Pelatihan- Seperti halnya menjelaskan dan mendiskusikan BLP, guru adalah wajah ke luar
untuk isyarat manfaat, teknik dan tips yang mereka lakukan untuk para siswa.

Mengomentari: Menyampaikan pesan tentang kapasitas belajar melalui pembicaraan informal dan evaluasi informal dan formal.
Menyentuh - Guy Claxton mengatakan : Setelah para siswa menghadapi tantangan dan berminat melakukan kegiatan , guru BLP saling berhubungan dengan mereka bersama-sama, mengomentari tidak hanya pada hasil tetapi pada metoda dan proses pelajaran mereka.
Menjawab - Bagaimana para guru bereaksi terhadap pertanyaan, gagasan dan usul yang
yang diajukan siswa tentang pengaruh pengembangan LP dengan mantap. Claxton mengatakan bahwa guru itu harus secara penuh menyambut kontribusi dan pertanyaan siswa.
Evaluasi- Claxton mengingatkan. Ia katakan: bahkan suatu isyarat bagi seorang siswa bahwa mereka sedang berjuang oleh karena suatu ketiadaan kemampuan dan kamu mungkin juga menertawakan untuk mencoba.
Menelusuri jejak - Semacam penilaian kumulatif yang mendorong kepercayaan dan
komunikasi dengan sesama di mana kamu dapat melihat bahwa kamu sudah lebih baik.

Mengorkestra - Pemilihan aktivitas dan mengatur lingkungan
Pemilihan - Ini mempunyai dua aspek. Pemilihan topik untuk memberi pengajaran dan merancang aktivitas sesuai dengan topik yang diajarkan.
Penyusunan- Seperti halnya semua pelajar yang baik, guru BLP meyakinkan bahwa para siswa menghargai niat di balik aktivitas yang mereka berikan.
Menentukan target – Para siswa mungkin memutuskan dengan para guru membantu ke arah fokus berikutnya untuk meningkatkan disposisi dan ketrampilan mereka di dalam masing-masing dari 4R. Guru BLP dapat membantu siswa untuk mengingat-ingat target mereka di dalam berbagai cara.
Pengaturan - Bagian ini mempertimbangkan lingkungan kelas. Lakukan gambaran dan pesan yang menguatkan perhatian dengan LP? Mengatur mebel yang mendorong bermacam interaksi pelajaran yang benar?











Modeling – Menunjukkan apa maknanya menjadi seorang pelajar yang efektif.
Bereaksi - Bagaimana guru merespon ketika hal yang tak diduga terjadi di dalam kelas
banyak siswa berbincang tentang kapasitas belajar para guru.
Pelajaran dengan suara keras - Ini mengacu pada kemampuan mereka untuk memberi model kepada para siswa semacam memproses pikiran ( dan emosional) bahwa pelajar itu berhasil, pada umumnya dengan diam-diam. Belajar dengan suara keras peluang untuk disajikan kepada mereka dalam konteks bereaksi terhadap peristiwa tak diduga ketika terjadi pada mereka.
Demonstrasi - Salah satu permasalahan dari sekolah konvensional bahwa menyampaikan pengetahuan kepada siswa betapapun pelajaran yang menarik telah berlangsung dan betapapun ketidak-pastian, perbedaan paham dan kegiatan mencoba-coba telah ditekan tidak dilibatkan.
Berbagi - Guru harus menunjukkan ciri humanis mereka. Sekali pengajar mulai berpikir tentang pelajaran sebagai hal kehidupan riil yang berkesinambungan dan tidak hanya sesuatu yang memerlukan guru, buku dan kelas, mereka menemukan tidak ada kekurangan tentang sesuatu yang mungkin mereka perbincangkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel