Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan
Hubungan Dimensi Proses Kognitif (cognitive process dimention) dan Dimensi Pengetahuan (Knowledge Dimention)
Pengembangan berfikir peserta didik yang dikenal dengan dimensi proses kognitif pada rumusan Kompetensi Dasar pengetahuan (KD-3) memiliki hubungan dengan bentuk pengetahuan (knowledge dimention). Sebagai contoh mengingat (C-1) bentuk pengetahuannya adalah fakta, menjelaskan (C2) berkaitan dengan konsep; menerapkan (C3) berkaitan dengan bentuk pengetahuan prosedural. Adapun perkembangan berfikir menganalisis (C4) sampai dengan mengkreasi (C6) memiliki hubungan dengan bentuk pengetahuan meta kognitif. Lebih jelasnya hubungan tersebut di uraikan pada tabel berikut.
Tabel berikut Hubungan Dimensi Proses Kognitif dan Dimensi Pengetahuan
No | Perkembangan Berfikir Taksonomi Bloom Rivised Anderson (Cognitive Process Dimension) | Bentuk Pengetahuan (Knowledge Dimension) | Keterangan |
1. | Mengingat (C1) | Pengetahuan Faktual | Lower Order Thinking Skills (LOT’s) |
2. | Menginterprestasi prinsip (Memahami/C2) | Pengetahuan Konseptual | |
3. | Menerapkan (C3) | Pengetahuan prosedural | |
4. | Menganalisis (C4) Mengevaluasi (C5) dan Mengkreasi(C6) | Pengetahuan Metakognitif | Higher Order Thinking Skills (HOT’s) |
@2016, Direktorat Pembinaan SMK